Thursday, June 5, 2008

IT-SMART Robotic & Computer Education for Children & Adults



Info (024) 7618292

Berdiri di Sidoarjo sejak Mei 2006, IT-Smart Robotic Division merupakan tempat belajar robotic bagi anak-anak. Di tempat inilah anak-anak dikenalkan dengan penggunaan gear, pengenalan & penggunaan sensor, pemrograman dasar, dan pemrograman terstruktur.

Kemajuan teknologi robotic sangat luar biasa di negara-negara maju khususnya Jepang. Robot sudah banyak diproduksi dan dibeli oleh masyarakat, misalnya robot berbentuk hewan peliharaan yang diciptakan oleh Sony, bernama Aibo. Aibo dapat melakukan layaknya anjing penjaga dan anjing teman bermain bagi anak-anak. Di negara maju, teknologi robotic mulai dikenalkan sejak anak berusia 6 tahun.
Anak diperkenalkan dengan pengetahuan dasar menciptakan robot dengan metode bermain. Tak mengherankan kalau kelak anak mampu menghasilkan robot-robot yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Belum terlambat jika di Indonesia mengadopsi & menerapkan metode pembelajaran teknologi robotic.
Salah satu proses yang dapat dilakukan adalah belajar dengan ikut membuatnya (learning by making).
Menurut survey, anak menyukai hal-hal yang dinamis, berwarna-warni dan menarik perhatian.
Cara yang paling efektif adalah membuat anak mencoba teknologi robotic dalam makna yang sebenarnya. Tak hanya teori, tetapi juga mencoba menerapkan, meski masih sederhana.

Kenalkan anak mengenai teknologi robotic, sehingga anak menyadari telah berinteraksi dengan teknologi robotic sehari-hari. Tanpa melalui tahap ini, anak akan sulit membayangkannya. Setelah itu, proses memperkenalkan mekanika dan keahlian teknik (engineering) pada anak, misalnya pesawat sederhana. Gunakan pesawat rakitan, ajak anak merakit pesawat mainan sendiri dengan tingkat kesulitan yang beragam. Mainan ini setidaknya mulai mengajarkan anak teknik rekayasa, ilmu yang juga dibutuhkan untuk membuat robot.
Tahap berikutnya adalah latihan menghadapi kasus-kasus yang melibatkan penerapan teknologi robotic. Misalnya membuat portal parkir. Tentunya hal ini harus ditunjang dengan komponen-komponen dasar robot, seperti alat sensor, roda gigi, dan lainnya.
Anak terbiasa memecahkan masalah menggunakan pemikiran logika yang terstruktur. Anak juga mempelajari pemrograman yang diperlukan.

Sebagai contohnya, dapatkah anak-anak memecahkan permasalahan berikut ini:
Aunt Monica has dropped her glasses & is having difficulty picking them up. She needs some help.
Design & build a picker-upper which:
1. can be operated with 1 hand
2. can pick up the weighted brick


Usaha untuk membuat sebuah teknologi robotic memerlukan daya imajinasi yang luas. Latih anak tak sekedar membayangkan saja, tapi juga menuangkannya dalam bentuk gambar atau tulisan.
Kemudian minta anak merakit dengan menggunakan peralatan (tool set). Anak berlatih pemrograman menghasilkan output yang diinginkan melalui peralatan tersebut. Anak juga banyak belajar teori dasar fisika atau sains yang menunjang keilmuan robotic.
Misalnya pengungkit, sepeda, portal parkir, pintu otomatis, lift dan sebagainya.


PICTURES of ROBOTS




















IT-SMART Hadir di :

# Pondok Tjandra Indah Jl Jeruk Barat 63, Sidoarjo
# Jalan Kartini 31, Surabaya
# Jalan Gayung Kebonsari 45 - 47, Surabaya
# Jalan Puri Anjasmoro EE3 / 12A, Semarang
(024) 7618292

0 comments:

Template by - Abdul Munir - 2008